HUT Ke-60 SMP GKPS 6 Haranggaol & Reuni Akbar

SMP GKPS 6 Haranggaol berdiri pada 01 Agustus 1959 yang dipelopori oleh beberapa tokoh Gereja, yaitu : 

  1.  St. MR. Purba
  2. St. W. Haloho
  3. St. A. Damanik
  4. St. SH. Purba

Salah satu alasan terkuat untuk mendirikan sekolah ini adalah dukungan dari Warga GKPS disekitar Resort Haranggaol sekaligus niat untuk memajukan serta mencerdaskan anak-anak Haranggaol sekitarnya.

Pada awalnya, sekolah ini diberikan nama SR/SD GKPS tetapi karena berdiri SD negeri, maka SD GKPS dialihkan menjadi SMP. Kebanyakan guru adalah Guru honor yang disetujui oleh BP-GKPS. Perkembangan sekolah juga dibantu oleh Subsidi dari Pemerintah yakni penempatan Guru PNS yang diperbantukan hingga berganti nama menjadi SMP BERSUBSIDI GKPS HARANGGAOL.

Sampai tahun ini, jumlah ruang belajar di GKPS Haranggaol berjumlah 6 kelas dan terjadi penurunan skala siswa yang disebabkan kurangnya sarana transportasi. Karena keterbatasan tersebut, tidak banyak perubahan yang dilakukan, hanya rehab-rehab kecil yang disesuaikan dengan kas sekolah melalui Dana BOS. 

Dan pada hari ini, 28 Desember 2019, SMP GKPS 6 Haranggaol mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan dengan para alumni. Panitia berterima kasih atas jerih lelah Para Alumni untuk pengadaan 30 Buah Laptop, 120 Alkitab, 120 Susukkara GKPS dan Biaya Paving Blok sebesar Rp. 75.000.000.

Rasa terima kasih ini juga disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan GKPS (Bapak Jepri Sipayung, M.Pd) yang turut hadir berpartisipasi memeriahkan Acara HUT Ke-60 dan Reuni Akbar SMP GKPS 6 Haranggaol. Ketua Yayasan menuturkan bahwa bantuan yang diberikan sangat bermanfaat dalam memajukan pendidikan GKPS, baik dari segi Moril Pendidikan maupun Moril Kerohanian.

Harapan ke depannya, semoga SMP 6 Haranggaol dan sekolah GKPS lain secara umum dapat lebih bersemangat untuk memajukan dunia pendidikan. 

Tuhan Yesus Memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *