• Fri. Jun 25th, 2021

YAYASAN PENDIDIKAN GKPS

Belajar, Bertumbuh, Melayani

Selamat Hari Pendidikan ke 62 Tahun

Sudah 62 tahun berlalu sejak Hari Pendidikan Nasional ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959. Ki Hajar Dewantara atau yang kita sapa dengan sebutan Bapak Pendidikan Nasional ini sudah bersusah payah memerdekakan pendidikan di Indonesia. Perjuangan itu dimulai sejak Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda.

Semboyan terkenalnya “Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mbangun karso, Tut Wuri Handayani” yang artinya “Di Depan Menjadi Teladan, di Tengah Membangun Semangat, di Belakang Memberikan Dorongan” menjadi pedoman penting dalam membangun Pendidikan bagi bangsa ini.

Menyesuaikan dengan tema Hardiknas 2021, “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”, Yayasan Pendidikan GKPS bertekad untuk mewujudkan Pendidikan yang semakin berintegrasi dengan teknologi tanpa mengurangi nilai-nilai Kristiani. Hal serupa disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan GKPS (Jepri Sipayung, M.Pd) dalam Pidatonya yang mengatakan bahwa kita harus bahu-membahu untuk membangkitkan Pendidikan terkhusus dilingkungan Pendidikan GKPS. Pandemi Covid-19 diharapkan tidak menyurutkan semangat para pendidik untuk terus berinovasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebagai salah satu apresiasi di dunia pendidikan, Yayasan Pendidikan GKPS mengadakan Upacara Hari Pendidikan Nasional secara hikmat. Upacara ini dilaksanakan di SMK GKPS 1 Raya dengan peserta yang berasal dari beberaa sekolah naungan YP-GKPS yang berada disekitar Pematang Raya sekitarnya dengan total peserta maksimum 80 orang.

Selain memperingati Hardiknas, Yayasan Pendidikan GKPS juga memberikan penghargaan kepada Guru dan Pegawai yang telah mengabdi selama 25 tahun tanpa henti di Yayasan Pendidikan GKPS. Ada 57 orang guru yang telah mendedikasikan dirinya. Tak banyak yang bisa diberikan pada mereka selain terima kasih dan doa agar Tuhan senantiasa melimpahkan berkat.

Upacara yang mengikuti anjuran Kemdikbud ini terkesan unik dan jarang ditemui. Berpakaian adat lengkap khas Simalungun, Pembina dan Peserta Upacara terlihat lebih khidmat dalam mengikuti urutan acara. Usai upacara, Pengurus Yayasan Pendidikan GKPS juga menyempatkan diri untuk melakukan peresmian Unit Produksi SMK GKPS 1 Raya.

Banyak harapan yang disampaikan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional ke 62 tahun ini, salah satunya adalah agar Pendidikan GKPS semakin berinovasi, semakin berkembang, dan semakin menunjukkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *