• Thu. Oct 22nd, 2020

YAYASAN PENDIDIKAN GKPS

Belajar, Bertumbuh, Melayani

Program Perbaikan Mutu Pendidikan GKPS

BySekolah GKPS

Jun 25, 2019

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi pendidikan kita saat ini sedang mengalami penurunan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu pada Sinode Bolon tahun 2015 diputuskan agar Gereja lebih memperhatikan peningkatan kualitas pendidikan yang ada. Hal ini direspon oleh Pimpinan Pusat GKPS dengan merencanakan pengembangan empat sekolah model yayasan pendidikan GKPS dan perbaikan seluruh unit sekolah yang ada disekolah yang berjumlah 32 unit dan 2 asrama pendidikan.

Setelah dilantik kira-kira 1,5 tahun yang lalu tepatnya 17 Desember 2017 oleh Pimpinan Pusat, Pengurus Yayasan terus berusaha melakukan terobosan-terobosan peningkatan mutu pendidikan.

Terobosan pertama yang kita lakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membangun kembali citra pendidikan sebagai sekolah gereja dengan cara menghadirkan citra Allah dalam setiap pelayanan disekolah dan yayasan dengan membangun tata kelola lembaga yang transparan dan professional. Menempatkan orang yang tepat pada tempat yang tepat, melakukan revisi peraturan yayasan dan melaksanakan prinsip penghargaan dan hukuman yang memenuhi prinsip kasih dan keadilan.

Terobosan kedua adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khusunya kepala sekolah dan tenaga pendidik. Berkaitan dengan peningakatan kualitas kepala sekolah, kita sudah mulai pelakukan seleksi kepala sekolah yang transparan dan professional dengan sistem yang ketat sebanyak 5 tahap yakni mulai seleksi berkas, tes akademik, persentase visi misi, tes psikologi, dan wawancara. Setiap kepala sekolah yang terpilih kemudian dilantik dan diutus pada kebaktian minggu. Kita berharap dengan proses ini setiap kepala sekolah akan mendapatkan pertolongan Roh Kudus dalam melakukan tugas danpelayananya disekolah masing-masing.

Setelah melakukan seleksi yang ketat, kita juga sudah melaukan pelatihan kepada semua kepala sekolah untuk memberikan pengetahuan yang dibutuhkan dan menstandarisasi kemampuan kepala sekolah. Selanjutnya pada tahun ini kita sudah merencanakan untuk melakukan penguatan dan sertifikasi kepala sekolah bekerjasama dengan Lembaga peningkatan Mutu Pendidikan (LMPM) sumatera utara.

Dalam hal peningkatan kualitas pengetahuan dan iman guru, karena kita meyakini bahwa kualitas sebuah pendidikan tidak pernah melebihi kualitas guru-gurunya. Komitmen peningkatan kualitas pengetahuan dan iman guru kita lakukan dengan cara melakukan penilaian dan pelatihan oleh pusat pendidikan dan pelatihan YP GKPS, mendorong setiap guru untuk memperoleh sertifikasi, mewajibkan setiap guru mengembangkan dirinya minimal 2 kali dalam setahun, pemilihan guru berprestasi dan memberikan penghargaan atas pengabdian yang sudah diberikan. Secara khusus tahun lalu kita sudah melakukan pelatihan dan penyegaran iman kepada seluruh guru sekolah dasar.  Kita berharap dengan pelatihan yang digabungkan dengan penyegaran iman, guru-guru kita tidak hanya menjadi guru yang hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi lebih dari itu menjadi guru yang mampu mengubah hidup anak-anak dan membawa anak-anak mengenal Kristus sebagai juruslamat pribadi.

Hal ketiga yang menjadi fokus adalah meningkatkan sarana dan prasaran sekolah. Hasil observasi yang dilakukan oleh yayasan terkait sarana dan prasaraan mendidikan kita sangat memprihatinkan. Hampir 85 persen sarana dan prasaran yang kita miliki adalah peninggalan masa lalu. Hal ini membuat sarana dan prasarana kita jauh tertinggal dan membuat kualitas pendidikan menurun setiap tahun.  

Melihat kondisi tersebut, pada tahun lalu kita melakukan pengadan sekitar 1000 buah meja kursi siswa, melakukan renovasi ringan fisik sekolah dan mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah maupun swasta antara lain pembangunan 5 ruang kelas baru, toilet, laboratorium, renovasi perpustakaan dan pengecatan ruang kelas lama di SMP GKPS1 Pematangraya dari Bank Mega melalui program” Mega Berbagi”. Pembangunan ruang pembangunan ruang praktik STM 2 GKPS Pematangsiantar dari Kemendikbud, pembangunan perpustakaan, pengadaan sarana dan prasara sekolah di beberapa SD. penjunjukan SMK 3 Pematangsiantar sebagai sekolah model pemerintah, dan pembangunan fisik diberbagai sekolah melalui kerjasama sekolah dan warga jemaat.

Tahun ini kita akan terus melakukan peningkatan sarana dan prasaran pendidikan disekolah khususnya renovasi fisik sekolah, pengadaan meja kursi dan media belajar siswa. Selain itu untuk melakukan pemercepatan peningkatan mutu,  tahun ini kita berharap bisa melakukan pengembangan sarana dan prasarana yang terintegrasi dengan informasi dan teknologi.

Dalam program jangka panjang, kita juga mengembangkan sekolah model GKPS. Sekolah model ini adalah sekolah unggulan yang menjadi acuan atau standar sekolah GKPS nantinya. Sekolah yang dibangun dengan menunjukkan kehadiran Gereja, budaya dan pendidikan yang unggul.

Sekolah Model
Sekolah Model GKPS

Kita bersyukur 1,5 tahun kita bekerja, saat ini kita sudah mulai melihat hasilnya antara lain SMK GKPS 1 Raya menjadi sekolah dengan nilai UN ketiga tertinggi di kabupaten, SMA GKPS 1 Pamatangraya memperoleh akreditasi A dan meluluskan banyak siswa ke PTN, , SMK 2 yang bersiap untuk menjadi sekolah rujukan nasional, SMK 3 Pematangsiantar yang dijadikan sekolah model oleh pemerintah dan beberapa sekolah yang tidak mampu lagi menampung siswa baru karena ruangan yang cukup.

Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat kepada sekolah kita sudah mulai meningkat, namun demikian masih banyak sekolah kita yang memiliki kualitas yang rendah baik dari sisi kuantitas dan kualiltas.

BerMisi untuk Perubahan Pendidikan GKPS

Oleh karena itu, kami mengundang seluruh Bapak/Ibu dan saudara/I terkasih untuk ikut serta mendukung kerja keras yang sedang dilakukan oleh yayasan dan sekolah.Salah satu dukungan yang dapat dilakukan adalah dengan menyekolahkan anak-anak kita disekolah GKPS. Kami akan berupaya dengan maksimal untuk memberikan mutu pendidikanyang terbaik kepada anak-anak kita. Selain itu kami juga sangat berharap dukungan doa, sumbangan pemikiran dan dukungan dana dari Bapak/Ibu dan saudara-saudari sekalian, untuk kemajuan dan perkembangan pendidikan yang kita cinta.

Jika Bapak/Ibu ingin ikut terlibat dalam misi perubahan pendidikan kita, silahkan kirimkan donasi Bapak/Ibu melalui rekening yayasan pendidikan yang sudah tertera pada menu DONASI. Tuhan Yesus Memberkati.

Soli Deo Gloria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *