Siswa SD Swasta GKPS Sibarou dengan guru pembimbing memperlihatkan hasil produksi stik organik bayam yang berhasil diedarkan kepada masyarakat dan juga orang tua siswa (21/10/23)

PEMATANG SIANTAR. SEKOLAHGKPS.OR.ID. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek.  Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkann dalam Profil Pelajar Pancasila. Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, diharapkan  dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Tepat pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 SD Swasta Gkps Sibarou, Fase B memulai kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proses ini dimulai dengan pemaparan singkat oleh guru pembimbing siswa SD Swasta Sibarou terkait bagaimana berwirausaha itu. Guru dan siswa sangat bersyukur memiliki pekarangan sekolah yang begitu luas, sejalan dengan itu pun maka mereka memanfaatkan lahan tersebut untuk bercocok tanam guna mengarahkan siswa-siswi terkait pemanfaatan lahan dan wirausaha.

Kegiatan itupun diawali dengan pembagian kelompok terhadap siswa-siswi dengan tujuan agar para siswa dapat berkolaborasi dengan tugas yang telah diberikan oleh guru mereka. Ada yang mencangkul dan ada juga yang mengangkat rumput dalam pemanfaatan lahan yang tersedia di area sekolah. Rumput yang awalnya begitu rimbunpun kini tampah bersih hingga mereka membuat bedengan tanah untuk siap menanam benih bayam. Selanjutnya, anak- anak menaburkan kompos sebagai pupuk dasar kedalam setiap bedengan tanah yang sudah bersih hingga menunggu untuk seminggu berikutnya agar anak – anak tersebut menaburkan benih tersebut kedalam tanah yang sudah diberi pupuk.

Seminggu kemudian siswa -siswi dan guru SD Swasta GKPS Sibarou kembali menyemai benih bayam yang telah siap untuk di panen. Hingga tak terasa pada hari Sabtu (21/10/23), mereka bersama-sama mengolah hasil panen tersebut menjadi makanan ringan yang akan dipasarkan dan menghasilkan materi kembali. Mereka pun menyebut hasil yang mereka olah tersebut sebagai stik Bayam Organik SD Swasta GKPS Sibarou.
Guru yang mendampingi mereka pun sangat bersyukur atas setiap kerjasama yang baik antara siswa-siswi dengan guru pembimbing hingga hasil panen mereka dapat dikelolah dan siap edarkan.
Tak hanya itu, anak – anak yang hebat tersebut pun ketika diberi tugas seperti membawa setiap peralatan yang dibutuhkan, bahkan dalam proses pengolahan stik tersebut pun semangat mereka tetap menyala.

Dari setiap proses pengolahan yang dikerjakan ada satu hal yang menjadi pelajaran bagi mereka. pelajaran yang mereka dapat pun yaitu, ketika sesuatu sudah seupaya mungkin dipersiapkan namun ada saja kendala yang menghambat proses pembuat stik tersebut. Namun, hal itu membuat mereka untuk tetap berusaha dan mencari jalan keluar.

Hingga tak terasa anak – anak tersebut berhasil membuat adonan yang di bagi kedalam beberapa kelompok (dengan pendampingan oleh Miss nya tentunya) dan siap untuk disajikan dan dibungkus dalam kemasan. Mengingat kegiatan hari ini, sejenak dibawa mengingat setiap usaha yang sudah dilakukan di hari-hari berikutnya.

Tak lupa, Guru pendamping Projek (P5) tersebut mengucapkan Terimakasih kepada anak didik mereka yang hebat- hebat serta mempunyai kemauan untuk mengasah kemampuan mereka dengan berusaha keras hingga dapat menghasilkan “STIK BAYAM ORGANIK SD Swasta GKPS Sibarou”. Mereka juga mengucap syukur sebab usaha yang di lakukan selama ini membuahkan karya yang dapat dinikmati oleh mereka sendiri dan orang sekitar.

Ronaldo Purba, S. Kom
(Koord. Humas dan Diklat YP GKPS)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SD Swasta GKPS Sibarou menghasilkan “Stik Bayam Organik”
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *