• Thu. Oct 22nd, 2020

YAYASAN PENDIDIKAN GKPS

Belajar, Bertumbuh, Melayani

Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMP GKPS

BySekolah GKPS

Aug 5, 2019

Guru adalah ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan. Guru yang berkualitas pasti akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas  pula. Guru yang berkualitas adalah guru yang terus belajar dan mampu mengikuti perkembangan zaman.

Selama 3 hari di Pusdiklat YP GKPS, seluruh guru SMP mendapatkan pelatihan terkait keterampilan guru abad 21 dan metode pembelajaran Kurikulum 2013.


Secara khusus para guru dilatih agar mampu:

  • Menjelaskan tantangan yang dihadapi guru pada abad 21
  • Mengembangkan model-model pembelajaran aktif yang sesuai dengan Kurikulum 2013
  • Mengembangkan pertanyaan tingkat tinggi di kelas
  • Mengembangkan lingkungan belajar yang efektif
  • Mengembangkan RPP Kur 2013 dan mempraktikkannya dalam penyususnan RPP dan Praktik mengajar

Selain memberikan kemampuan guru terkait kemampuan paedagogik, pelatihan ini juga digabungkan dengan pembinaan karakter guru kristiani yakni terkait karakter dan piritualitas guru kristiani dan peraturan pegawai dilingkungan YP. GKPS. Melalui pembinaan ini diharapkan para iman dan karakter guru-guru semakin sesuai dengan Firman Tuhan

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala departemen Pelayanana GKPS, Pdt. Aman Saud Purba, MA. Kemudian dilanjutkan dengan kebaktian penyegaran iman oleh Pdt. Tommy Purba, M.Th, M.Div, dan seminar Guru Kristen oleh PW. Rosmalina Damanik, S.Si. Teol, M.Pdk.

Setelah mendapatkan peneguhan dan pengisian rohani, selama 2 hari peserta kemudian dilatih materi pengembangan profesionalisme guru mulai dari prinsip-prinsip pembelajaran abad 21, pengembangan HOTS, penyusunan Kur 2013 dan praktik mengajar pada hari terakhir.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru GKPS khususnya guru-guru SMP dalam melakukan tugas dan tanggungjawabnya di sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *