• Thu. Oct 22nd, 2020

YAYASAN PENDIDIKAN GKPS

Belajar, Bertumbuh, Melayani

Rapat Koordinasi Tahun Ajaran 2018/2019 : Menajamkan Visi menuju Sekolah Unggul

BySekolah GKPS

Jan 12, 2018

Gereja melalui Yayasan Pendidikan GKPS terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan kualitas pendidikan dari tahun ke tahun. Perubahan memang sudah mulai terlihat, namun belum mampu memenuhi harapan semua warga jemaat yang menginginkan sebuah pendidikan yang berkualitas baik dari sisi akademik maupun karakter. Kualitas pendidikan kita masih saja tertinggal jauh dengan yang lain. Oleh karena itu, untuk melakukan perubahan secara menyeluruh dan mencari terobosan-terobosan baru, maka YP GKPS mengadakan Rapat Koordinasi seluruh sekolah dan asrama di Yayasan Pendidikan dengan mengusung tema “ Membangun Visi memajukan Pendidikan GKPS,  yang bertujuan untuk menajamkan visi misi  dan menyusun program peningkatan mutu pendidikan di seluruh sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 09-10 Januari 2018 di Simalungun City Hotel yang difaslitasi Bapak DR. JR. Saragih SH, MM selaku salah satu pembina Yayasan Pendidikan GKPS. Kegiatan dihadiri oleh seluruh Organ Pengurus Yayasan dan seluruh unit satuan pendidikan dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan Asrama Pendidikan. Kegiatan ini dibuka oleh Pimpinan Pusat GKPS, Bpk. Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe, M.Th.

Selama dua hari berlangsung, kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi pemaparan kondisi tiap sekolah, pembinaan dari organ Yayasan, pembuatan rencana aksi perbaikan tiap sekolah dan arahan bimbingan dari pembina sekaligus pimpinan pusat GKPS. Total yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 93 Orang. Beberapa hal yang menjadi hasil kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. YP GKPS adalah pendidikan kristiani yang berlandaskan pada Firman Tuhan. Visi Pendidikan GKPS adalah menghasilkan peserta didik yang peduli dan unggul berlandaskan pada Firman Tuhan.
  2. Misi kami adalah:
  3. Firman Tuhan sebagai dasar dalam seluruh melaksanakan proses pembelajaran
  4. Melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dan responsif terhadap tantangan global
  5. Mengintegrasikan teknologi dalam seluruh proses pembelajaran
  6. Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang kuat
  7. Komitmen semua unit untuk saling bersinergi dan membangun komunikasi yang baik sebagai satu keluarga besar YP GKPS dan saling belajar satu dengan yang lain dalam memajukan pendidikan di sekolah.
  8. Peningkatan tata kelola sekolah (managemen) dan keuangan yang lebih efektif, modern, akuntabel, transparan dan berfokus pada peningkatan kualitas sekolah.  
  9. Mengintegrassikan kurikulum nasional dengan dengan Firman Tuhan dan Budaya
  10. Pembinaan kepala sekolah, guru dan seluruh staf yang efektif dan berkelanjutan.
  11. Mendorong keterlibatan penuh Gereja dan seluruh jemaat dalam pendidikan GKPS. Khususnya sekolah-sekolah yang berada di lingkungan Gereja diharapkan ada Badan Misi Gereja yang mendukung sekolah. Perlunya dukungan Pendeta dan Majelis Jemaat dalam membangun pola pikir “ bangga sekolah i GKPS” untuk seluruh warga jemaat.
  12. Perlunya pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih berkualitas dan up to date. 75% sarana dan prasaran pendidikan GKPS tidak layak pakai. 
  13. Mengintegrasikan IT dalam pemercepatan perubahan kualitas sekolah. Pendidikan GKPS masih jauh tertinggal dalam hal mengintegrasikan IT dalam tata kelola sekolah dan proses pembelajaran.  
  14. Menghimpun seluruh sumber daya dan sumber dana yang ada, baik internal dan eksternal yang memiliki visi yang sama untuk mendorong pemercepatan perubahan yang lebih baik.

Kegiatan ini adalah upaya awal untuk menjadikan pendidikan GKPS yang unggul dan menjadi yang terbaik di Simalungun, Sumatera Utara dan Indonesia. Kegiatan ini diharapkan mampu membangun komunikasi yang baik antara semua sekolah, menghasilkan program-program terobosan yang sesuai kebutuhan sekolah, dan membangun sinergi dan kerjasama yang kuat untuk melakukan perubahan yang menyeluruh dan sungguh-sungguh. Mari bersama-sama mewujudkan pendidikan GKPS yang unggul.

Simalungun City Hotel, 09-10 Januari 2018
Jepri Sipayung, M.Pd
Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan GKPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *